Berita Seputar Perpustakaan

Galeri Wonosobo Tempo Dulu Di Perpustakaan Kabupaten Wonosobo

Kebesaran suatu daerah tidak bisa lepas dari sejarah yang mengiringi daerah itu berdiri. Perpustakaan Kabupaten Wonosobo dalam usaha meningkatkan layanan terhadap masyarakat dengan mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yaitu perpustakaan sebagai tempat rekreasi dan pelestarian budaya lokal, melakukan inovasi dengan membuat wahana galeri Wonosobo Tempo Dulu.

Galeri ini berisi foto-foto Wonosobo di era kolonial Belanda dan juga memberikan beberapa paparan sejarah tentang beberapa hal yang berkaitan dengan Kabupaten Wonosobo. Kepala Perpustakaan Kabupaten Wonosobo Drs. Suharna, M.MPd. yang dilansir dari Suara Merdeka menyatakan bahwa pemasangan cerita sejarah, peristiwa bencana yang meluluhlantakkan kota, maupun foto-foto tempo dulu, dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang berbagai hal daerah ini di masa lalu.

Sejak dipamerkan awal Bulan Juni lalu, galeri yang ditempatkan di lorong masuk perpustakaan ini telah banyak menarik minat pengunjung dimana kebanyakan diantara mereka antusias dengan sejarah Wonosobo yang belum pernah mereka baca sebelumnya. Sumber sejarah dan foto yang ditampilkan berdasarkan pada literatur sejarah baik dari dalam maupun luar negeri. Sedangkan khusus koleksi foto merupakan repro dari koleksi beberapa museum di Belanda.

Diharapkan galeri ini dapat menjadi cikal dari berdirinya museum di Kabupaten Wonosobo yang lebih representatif dan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembelajaran dan kebangkitan nilai patrotisme di masyarakat.

1 Comment

  1. fattah

    arsip-arsip negara memang harus dijaga dan dipelihara dengan baik. kalau bisa aksesnya pun dipermudah, agar setiap orang bisa mengakses dan mengenang bagaimana perkembangan yang sudah dilakukan dari awal hingga bisa sampai pada tahap ini.

MOHON MAAF UNTUK PELAYANAN DINAS ARPUSDA UNTUK SEMENTARA DITUTUP UNTUK UMUM , SILAHKAN BERALIH KE PERPUSTAKAAN DIGITAL KAB. WONOSOBO DI PLAY STORE
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6

Statistik Pengunjung


PENGUNJUNG

LOKASI KAMI

Log In

Create an account