Berita Seputar Kearsipan Events Terbaru

  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6

LKD KABUPATEN WONOSOBO MENGADAKAN SOSIALISASI PENGAWASAN KEARSIPAN INTERNAL BAGI OPD SE KABUPATEN WONOSOBO

1

Pembukaan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, Bapak Muhamad Zuhri, S.Sos, M.Si.

Dalam rangka melaksanakan Perka ANRI Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pengawasan Kearsipan Internal, pada hari Kamis, 2 Mei 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo menggelar Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal. Kegiatan sosialisasi ini mendatangkan 3  narasumber tingkat provinsi dan nasional dan dilaksanakan di Ruang Rapat KRT. Mangoen Koesoemo Setda Kabupaten Wonosobo. Dihadiri oleh Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Wonosobo termasuk Sekretariat Daerah dengan prioritas sasaran Unit Kearsipan OPD dan Unit Pengolah Arsip OPD.

Kegiatan ini diawali dengan Laporan Panitia Penyelenggara oleh Drs. C. Agam Iskandar. Kemudian di buka secara resmi oleh Bupati Wonosobo yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah, Muhamad Zuhri, S.Sos, M.Si. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjamin terciptanya arsip yang autentik dan terpercaya di lingkungan Pemkab. Wonosobo.

“Arsip adalah bentuk pertanggung jawaban OPD yang telah membelanjakan uang Negara untuk kegiatan-kegiatannya, maka dari itu kita harus melakukan penataan arsip secara baik.” Tutur Rudi Anton, SH,MH (Narasumber Nasional). Beliau memaparkan bagaimana pentingnya arsip dalam kehidupan sehari-hari, baik arsip Negara maupun arsip personal.

Sutopo, A.Md (Narasumber Provinsi) memaparkan bahwa penataan arsip di OPD adalah kunci terciptanya arsip yang tertib. “Kualitas dan konsistensi pengeloh arsip juga menjadi peran penting, maka perlu diadakan pengawasan kearsipan,” tutur beliau. Beliau juga menjelaskan tujuan pengawasan arsip adalah untuk menciptakan tertib arsip dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan serta penyelamatan arsip sebagai memori kolektif bangsa.

peserta

Peserta Antusias Mengikuti Jalannya Sosialisasi

Selain itu, Dra. Martuti MM (Narasumber Provinsi), menjelaskan bagaimana motivasi dan semangat pengelola arsip harus selalu ditingkatkan agar dapat menciptakan pengolah yang professional. “Jangan malu untuk menjadi pengolah arsip, itu adalah pekerjaan yang berat dan mulia.” papar beliau.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini maka akan dilakukan pengawasan lanjutan di bulan Juli di seluruh OPD yang ada di Kabupaten Wonosobo. “Ini perlu kita lakukan agar arsip di Wonosobo khususnya di Bagian Unit Pengolah Arsip OPD selalu tertib dan tertata rapi,” Ujar Drs. Eko Yuwono, Selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo. (Faiz Mafruchan/Bidang Kearsipan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAM LAYANAN ARPUSDA -- SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-18.00 WIB -- SABTU PUKUL 08.00-16.00 WIB -- MINGGU PUKUL 09.00-15.00 WIB

Statistik Pengunjung


PENGUNJUNG

LOKASI KAMI

Log In

Create an account