Berita Seputar Kearsipan Events Terbaru

  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6

TEAM JURI LOMBA LKD TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH MENYAMBANGI LKD KABUPATEN WONOSOBO

1

Penerimaan Tim Juri LKD Tingkat Provinsi Jawa Tengah Oleh Drs. Eko Yuwono Beserta Jajarannya

JUMAT, 3 MEI 2019. Setelah melewati fase pemaparan dan wawancara, tim juri lomba LKD Tingkat Provinsi Jawa Tengah akhirnya tiba di Wonosobo. Ini adalah rangkaian akhir dari tahapan Lomba LKD Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Tim juri berjumlah 4 orang , tiba di LKD Kabupaten Wonosobo pukul 08.00 pagi dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo, Drs. Eko Yuwono. Tim didamping para arsiparis Kabupaten Wonosobo langsung menuju ke Satpol PP dan Disdukcapil yang menjadi OPD binaan LKD Kabupaten Wonosobo. Disana tim mengecek semua sistem administrasi kearsipan dinamis dan melakukan uji petik.

Kunjungan di 2 OPD tersebut berjalan dengan lancar dan tim melanjutkan perjalanan kembali ke LKD Kabupaten Wonosobo. Setibanya di LKD, Tim Langsung menuju ke Bagian Sekretariat Dinas dan mengecek semua Administrasi arsip dinamis yang ada. Kemudian melanjutkan ke Ruang Bidang Kearsipan, disana tim terlihat sangat antusias untuk melihat proses kegiatan alih media film negatif. “Ini pertama kalinya saya melihat proses alih media dari film negatif menjadi foto digital dengan menggunakan scanner. Ini sangat luar biasa, baru LKD Kabupaten Wonosobo yang sudah melakukan.” Kata Diah Tri Wulansari, S.Sos. selaku Tim Juri. Beliau mengatakan bahwa LKD Wonosobo bisa menularkan ilmu dan pengalaman ini ke LKD Kabupaten/Kota lain agar bisa diaplikasikan.

Tujuan berikutnya , tim menyambangi ruang depo dan layanan arsip. Pengecekan administrasi, regulasi, Standar Oprasional Prosedur (SOP) layanan pun tidak luput dari pengecekan oleh tim juri. Di ruang layanan arsip, tim tertarik untuk menguji sebuah aplikasi pencarian arsip yang bernama Arsip Tracker. Aplikasi ini memungkinkan pengunjung untuk mencari arsip dengan cepat tanpa membuka daftar khasanah arsip konvensional. “Proses pencarian arsip tidak sampai 3 menit hingga sampai ke tangan pengunjung, ini membuktikan bahwa inovasi layanan yang kami ciptakan dapat membantu penemuan arsip dengan cepat dan akurat.” Kata Faiz Mafruchan selaku petugas layanan arsip.

2

Tim Juri beserta Tim LKD Kabupaten Wonosobo

Setelah semua proses selesai, tim juri memberikan review berkaitan dengan hasil visitasi. Tim memberikan tanggapan positif terhadap kinerja LKD Kabupaten Wonosobo. “Kita harap dengan adanya Lomba LKD Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini bisa meningkatkan kualitas dan profesionalitas LKD di Jawa Tengah  khususnya LKD Kabupaten Wonosobo, ujar Handayani. (Faiz Mafruchan/Bidang Kearsipan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAM LAYANAN ARPUSDA -- SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-18.00 WIB -- SABTU PUKUL 08.00-16.00 WIB -- MINGGU PUKUL 09.00-15.00 WIB

Statistik Pengunjung


PENGUNJUNG

LOKASI KAMI

Log In

Create an account